Sejarah Awal Terbentuknya Bloggers’ Challenges (BC)

Hai para pembaca!

Bloggers' Challenges (BC) diresmikan pada 10 September 2016 dan kalau kamu lihat kalender hari ini, waaaw, sudah berjalan lebih dari setahun!

Blog ini dibuat sebagai salah satu cara untuk mendokumentasikan proyek-proyek yang sudah berjalan di BC selama ini, sekaligus wadah promosi bahwa ada satu komunitas bernama BC.

Nah, postingan kali ini bakal membahas tentang sejarah awal kenapa BC bisa terbentuk dan bagaimana prosesnya. 

Hmm, penasaran dong yaaaa?

Proses Terbentuknya Bloggers’ Challenges (BC)

Sejarah Awal Terbentuknya Bloggers’ Challenges (BC)

Pada suatu malam, tepatnya malam Minggu (10 September 2016) sekitar pukul setengah 10 malam, Wawa nge-chat Dwita (kawan paling gampang dihasut untuk ikut kegiatan nulis, wkwkwk), mengutarakan idenya untuk membuat suatu proyek nulis di blog. Kebetulan Dwita online, jadi kami chatinganpanjang-lebar. Dengan penuh spontanitas, Wawa mengutarakan konsepnya (yang dipikirkan sambil ngetik chat doang). Intinya, dia ngajak Dwita yang punya blog personal untuk nulis satu pembahasan (selanjutnya dikatakan topik) yang sama dengan cara pandang dan gaya penulisan berbeda.

Dwita langsung setuju dan menanggapi dengan antusias. Kegiatan itu dinamakan Blogger's Challenges (sekarang Bloggers' Challenges). Blogger artinya orang yang nulis di blog dan challenges artinya tantangan-tantangan nulis yang diberikan satu orang blogger ke blogger lain bergiliran.

Tulisan tersebut dipublikasikan di blog masing-masing. Dalam postingannya wajib mencantumkan kalimat yang menyatakan bahwa tulisan itu dibuat untuk proyek BC.

Kemudian mereka menentukan deadline tulisan. 2 topik seminggu dengan deadline pada Rabu malam dan Minggu malam (sekarang jadi 1 topik per minggu). Setelah itu, Wawa memaksa Dwita untuk memikirkan topik pertama.

Mungkin karena malam itu malam Minggu, Dwita jadi terinspirasi untuk melempar topik, “Dinamika Malam Minggu.”

Jedaaaar!

“Kenapa malam Minggu?”

“Ada apa dengan malam Minggu?”

Para Jomblo jadi sedih.

Namun, yang namanya tantangan harus diselesaikan. Nggak pake tawar-menawar. Tuliskan apa pun yang dipikirkan mengenai 3 kata tersebut. Mau riset, curhat, opini, cerpen, dan sebagainya, bebas!

Setelah topik pertama disepakati, Dwita menyarankan agar teman lainnya yang punya blog diajak juga supaya seru kegiatannya. Mereka pun terpikir pada dua nama: Boy dan Arif.  Boy dan Arif adalah dua teman kampus yang suka nulis, punya blog dan enak diajak main, wkwkkwk.

Wawa pun menghubungi Boy dan Arif. Mereka tertarik tapi agak ragu karena sedang sibuk ngerjain skripsi.

Mereka akhirnya sepakat membuat grup chat di aplikasi IG dan Line supaya mudah bertukar link tulisan.

Deadline topik pertama tersebut tanggal 14 September 2016 dan voilaaa ... mereka berempat berhasil mengerjakannya!

0 Response to "Sejarah Awal Terbentuknya Bloggers’ Challenges (BC)"

Posting Komentar